Daftar Film Inspiratif








 Menonton film memang suatu hal yang menyenangkan dan menghibur, apalagi film bergenre komedi. Namun film bukanlah sekedar hiburan, ada juga film-film yang bisa menginspirasi hidup kita. Berikut ini adalah film-film yang bisa memberikan inspirasi menurut saya, mulai dari urutan ke-15 sampai ke-1. Cekidot!
15. Forrest Gump

Menceritakan tentang seorang idiot yang polos dan jujur. Meskipun memiliki kekurangan, hal itu tidak menjadi penghalang bagi Forrest Gump untuk mencapai kesuksesan. Hal yang dapat kita ambil dari film ini adalah bahwa kesuksesan itu bisa diperoleh oleh siapapun tanpa terkecuali, dengan didukung oleh kejujuran, kemauan keras, usaha, doa, dan jangan lupa keberuntungan.
14. Into The Wild

Diangkat dari kisah nyata seorang Christopher McCandle yang menemukan esensi dari kehidupan yang sesungguhnya dengan cara pergi ke alam liar di daerah Alaska dan menjalani kehidupan tanpa terikat norma-norma yang menjadikan manusia tidak manusiawi. Baginya, uang hanyalah sesuatu yang menyebabkan seseorang menjadi haus akan materi dan melupakan arti hidup yang sesungguhnya. Film ini sangat bagus dan menginspirasi kita untuk kembali ke hakikat hidup yang sebenarnya.
13. Shawshank Redemption

Shawshank Redemption, film yang mengisahkan perjalanan hidup seorang bankir yang dituduh membunuh istrinya yang selingkuh. Di dalam penjara, ia menjadi seseorang yang berpengaruh. Mulai dari mengurus pembukuan dan perpajakan para sipir penjara hingga membuat perpustakaan penjara. Sampai suatu ketika ia kabur setelah membobol tembok penjara selama belasan tahun. Film ini memberikan pelajaran yang sangat penting bahwa harapan adalah hal yang bisa membebaskan kita dari segala ketakutan.
12. The Last Samurai

The Last Samurai, film yang mengisahkan tentang seorang amerika bernama Nathan Algren yang didatangkan ke Jepang untuk melatih tentara dalam hal perang melawan para pemberontak Samurai yang menolak adanya Westernisasi di Jepang. Namun pada akhirnya, Algren malah mendukung pergerakan para Samurai dan berakhir dengan era yang dikenal sebagai Restorasi Meiji. Film ini mempunyai pesan moral yang intinya meskipun kita sudah beralih ke zaman modern seperti sekarang, jati diri bangsa tetap harus terjaga dan jangan sampai tergerus oleh budaya luar.
11. Spider-Man (Trilogy)
Spider-Man merupakan film yang diangkat dari komik. Menceritakan tentang seorang Peter Parker yang digigit laba-laba mutan sehingga mempunyai kemampuan yang sama seperti laba-laba. Kisah superhero ini semakin menarik dengan visual efek yang cukup bagus serta dibumbui dengan kisah persahabatan dan kisah cinta antara Peter dan gadis idamannya, Mary Jane. Salah satu kalimat terkenal yang sangat inspiratif dari film ini adalah pesan Ben Parker(paman Peter) terhadap Peter: “With great power, comes big responsibility.” (seiring dengan kekuatan yang besar, terdapat pula tanggung jawab yang besar.)
10. The Matrix (Trilogy)

Film bergenre sci-fi ini menceritakan tentang  Thomas A. Anderson atau dalam dunia maya dikenal sebagai seorang hacker dengan nama Neo. Dalam ceritanya, Neo diburu oleh polisi dan pada akhirnya bergabung dengan kelompok hacker. Hal penting yang  menjadi inti dari film ini adalah bahwa dunia yang dianggapnya sebagai nyata sebenarnya hanya sebuah sistem komputer yang dijalankan oleh mesin yang dikenal sebagai The Matrix. Dunia yang sebenarnya ternyata sudah hancur dan dikuasai oleh mesin dan robot. Hal yang menjadi isnpirasi dalam film ini adalah kenyataan bahwa dunia ini memang sebenarnya fana, dunia yang sesungguhnya ada setelah kematian. Selain itu, pesan dari film ini juga memotivasi kita bahwa kita adalah apa yang kita pikirkan, we are what we think.
9. The Thirteenth Floor

Hampir mirip seperti The Matrix, film ini juga mengisahkan tentang kehidupan di balik kehidupan. Menceritakan tentang seorang ahli komputer yang membuat simulasi kehidupan di dalam sebuah komputer, sama dengan game PC “The Sims” bagi yang pernah memainkannya. Namun bedanya dari game The Sims, di film ini, seorang user(pengguna komputer) bisa masuk ke dalam tubuh Sims-nya lewat sebuah perangkat. Akhir dari film ini sangat mengejutkan, karena pada akhirnya mereka sadar bahwa dunia yang mereka tinggali itu juga merupakan simulasi dari dunia di luar sana. Film ini memberikan sebuah gambaran dan analogi mengenai hubungan antara kehidupan dunia dan akhirat.
8. V for Vendetta

Dalam film ini diceritakan bahwa di masa depan, Inggris menjadi negara fasis yang dikuasai oleh pemerintah tiran yang korup, penegakan hukum yang tidak adil, dan segala macam tindakan yang merugikan kaum minoritas. Namun, seorang yang misterius dan selalu memakai topeng dengan wajah tersenyum muncul untuk melakukan pemberontakan demi kebebasan masyarakat. Dia menyebut dirinya sendiri dengan nama V. Karena itulah V di-cap sebagai teroris oleh pemerintah. Namun pada ujung cerita, akhirnya semua orang mendukung apa yang dilakukan oleh V dan menuntut kebebasan. Pesan yang tersirat dalam film ini adalah bahwa kita jangan pernah takut untuk melakukan sesuatu jika menurut kita itu adalah hal yang benar.
7. Battle Royale
Sebenarnya, film ini dilarang untuk ditonton. Apalagi untuk anak remaja yang  masih duduk di bangku sekolah. Bukan karena ada konten porno-nya lho, film ini sama sekali tidak ada adegan mesumnya. Film ini adalah salah satu film yang konsepnya original alias pelopor film bergenre survival sesudahnya. Pesan tersirat dari film ini adalah hati-hati memilih teman, karena teman yang sejati adalah teman yang tetap berada di samping kita dalam keadaan apapun.
6. Pay It Forward

Pay It Forward, sebuah film drama yang menceritakan seorang anak yang diberi tugas oleh guru sekolahnya untuk melakukan suatu hal yang bisa mengubah dunia. Setelah menemukan ide, ia melakukan sesuatu yang sederhana, yaitu menolong tiga orang yang sedang dalam masalah, dan berpesan pada orang-orang itu bahwa mereka tidak perlu membalas kebaikannya, cukup dengan menolong tiga orang lainnya yang mengalami kesusahan, dan seterusnya. Sehingga bisa kita bayangkan dampak yang berkali-kali lipat hanya dengan menolong satu orang saja. Film ini memberikan inspirasi bahwasannya kita sebagai makhluk sosial sudah semestinya tolong menolong dalam kebaikan, karena menolong orang lain memiliki pengaruh yang berarti bagi diri orang itu, sekecil apapun hal yang kita lakukan.

5. Click
Click, film bergenre drama komedi namun memiliki pesan yang sangat dalam. Menceritakan tentang Michael Newman yang secara tidak sengaja bertemu dengan professor aneh dan diberikan remote yang dapat mengontrol waktu di dalam kehidupannya. Namun remote itu tidak bisa digunakan untuk memperbaiki kesalahannya di masa lalu, hanya bisa maju dan maju ke depan. Inti pesan moral yang ada di dalam film ini yakni waktu adalah sesuatu yang sangat berharga dalam hidup ini. Setiap detik waktu yang kita lewati tidak akan pernah kembali, maka dari itu nikmatilah hidup yang ada, semanis atau sepahit apapun itu.
4. Source Code
Film tahun 2011 yang satu ini benar-benar membuat kita bingung pada awalnya. Namun pada akhirnya, kita akan mengetahui bahwa sebenarnya tokoh utama film ini sudah sekarat. Intinya, film ini menginspirasi kita untuk mensyukuri hidup. Jangan sia-siakan hidup ini karena apa yang kita lakukan saat ini akan mempengaruhi apa yang akan terjadi selanjutnya.
3. The Butterfly Effect
The Butterfly Effect, film bergenre sci-fi yang terinspirasi dari salah satu teori chaos, yaitu butterfly effect, yang menyatakan bahwa kepakan sayap kupu-kupu di hutan belantara Brazil dapat menghasilkan tornado di Texas beberapa bulan kemudian. Film ini menceritakan seorang anak yang bernama Evan yang menderita suatu penyakit aneh yang kadang-kadang dapat menyebabkan dirinya lupa akan kejadian yang dialaminya dalam beberapa saat. Pelajaran yang dapat diambil dari film ini adalah bagaimana keputusan atau tindakan yang kita ambil saat ini, sekecil apapun itu, akan membawa dampak yang besar di kemudian hari, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.
2. Confessions (Kokuhaku)
Pertama kali saya melihat cover film ini di Kaskus, saya pikir ini film drama. Tetapi ketika saya menonton film-nya, saya langsung mangap. Film dari Jepang ini lebih dari sekedar inspiratif. Alur ceritanya keren, dramatis, dan membuat orang yang menontonnya berusaha menebak-nebak apa yang terjadi sebenarnya. Saya tidak bisa menjelaskan gambaran umum film ini karena sangat kompleks dan rumit. Anda harus menontonnya sendiri untuk membuktikannya. Intinya film ini memiliki pesan tersirat agar kita jangan menyia-nyiakan hidup dan satu quote yang sangat bagus dari film ini yang artinya: “Jangan membalas kebencian dengan kebencian pula, karena itu tidak akan membuat pikiranmu tenang.
1. Three Idiots

Three Idiots, film Bollywood yang dapat dikatakan sangat sangat inspiratif yang pernah ada, mengalahkan film-film Hollywood di Amerika. Film ini mengisahkan perjuangan tiga orang sahabat dalam meraih cita-citanya di sebuah institusi pendidikan terkemuka dan cukup terkenal. Film ini dibumbui dengan adegan-adegan yang sangat lucu, kisah perjuangan, persahabatan, serta asmara yang mengharu biru. Pesan-pesan tersirat yang penuh inspirasi dari film ini sangat banyak sehingga tidak cukup hanya dengan ditulis, wajib dan harus ditonton jika belum pernah menontonnya.
Nah, apa Anda sudah pernah menonton semua film itu? Kalau ada yang belum, saya sarankan untuk menontonnya. Karena banyak hal yang dapat kita ambil dari film-film tersebut. Atau jika ada film inspiratif yang menurut Anda belum ada di daftar, mohon beritahu saya. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.
*sumber gambar:
jatilllivet.se
en.wikipedia.org
cinemasatori.wordpress.com

0 Response to "Daftar Film Inspiratif"

Posting Komentar